WAKTU TERBAIK DALAM BERDO'A

   

Sahabat muslim yang selalu dalam lindungan Allah SWT, sahabat setiap hari pasti selalu berdo'a kepada Allah SWT. Baik itu selepas shalat, ketika ada masalah, ketika merasa bahagia atau dalam keadaan lainnya. Tapi tahukah sahabat muslim bahwa ada waktu-waktu tertentu agar do'a yang dipanjatkan kepada Allah itu mudah untuk diijabah? Berikut waktu-waktu yang tepat untuk berdo'a berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadits.

1. Sepanjang malam (terutama pada sepertiga akhir dan waktu sahur)
"Allah turun ke dunia apabila tinggal sepertiga malam terakhir dan berkata: ada sesiapa yang memohon kepadaku untuk aku kabulkan? ada sesiapa yang meminta kepadaku untuk aku berikan? ada sesiapa yang beristighfar kepadaku untuk aku ampunkan?" (HR. Bukhori)

 2. Ketika bangun tidur
"Seseorang hamba yang tidur dalam keadaan bersuci dan lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat, Allah akan mengabulkannya" (HR. Ibnu Majah)

3. Ketika ayam berkokok
"Apabila mendengar ayam berkokok, mohonlah anugerah-Nya, karena ayam itu melihat malaikat" (HR. Bukhari)

4. Antara adzan dan iqamah
"Do'a tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah" (HR. Tirmidzi)

5. Sujud
"Sehampir-hampir hamba kepada tuhan-Nya adalah pada waktu sujud, maka perbanyakkanlah berdo'a" (HR. Muslim)

6. Selepas bershalawat dalam tahiyat akhir
"Nabi mendengar seorang sahabat membaca tahiyat akhir dalam shalatnya memuji Allah kemudian bershalawat ke atas baginda, kemudian baginda bersabda: mintalah kepada Allah  niscaya akan diberikan dan mohonlah niscaya dipenuhi" (HR. An Nasa'i)

7. Usai shalat 5 waktu
"Ketika Rasulullah ditanya tentang do'a yang paling didengar oleh Allah, baginda menjawab di pertengahan malam dan selesai shalat fardlu" (HR. Tirmidzi)

8. Ketika diuji
"Atau siapakah yang memperkenankan do'a orang yang menderita apabila dia berdo'a kepada-Nya dan yang menghapuskan kesusahan" (QS. An-Naml ayat 62)

9. Bermusafir
"Tiga do'a yang tidak akan tertolak: do'a orang yang didzalimi, do'a orang bermusafir dan do'a bapak kepada anaknya" (HR. Tirmidzi)

10. Ketika hujan turun
"Berdo'alah pada waktu mustajab do'a, yaitu sewaktu pasukan tentara bertempur, waktu mendirikan shalat dan ketika turun hujan" (HR. Abu Dawud)
Latest
Previous
Next Post »