TENTANG ISLAM


Islam merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Islam diturunkan sebagai penyempurna dari agama-agama sebelumnya yang dibawa oleh Nabi-nabi Allah sebelum Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Islam dimaksudkan menjadi pedoman hidup seluruh umat manusia hingga akhir zaman. Islam adalah satu-satunya agama yang mempunyai berbagai dimensi yang mampu menjawab berbagai persolaan yang dihadapi umat manusia sepanjang masa baik masa kini dan masa yang akan datang. Sehingga Islam menjadi agama yang benar dan paling diridhoi oleh Allah SWT seperti pada firmannya : “Sesungguhnya agama disisi Allah adalah Islam”. (Ali Imran: 19)

 
PENGERTIAN ISLAM
Islam dapat diterjemahkan dalam dua aspek, yakni secara Etimologi dan secara Terminologi.  
Pengertian secara Etimologi: Kata Islam berasal dari Salima yang berarti “selamat” yang menjadi  Aslama yang memiliki arti “menyerahkan diri atau tunduk dan patuh”   dan kemudian menjadi ISLAM. Pendapat lain yang dikemukakan oleh Hammadah Abdalati dalam Islam in Focus, mengatakan bahwa Islam berasal dari kata arab yakni SLM (Sin, Lam dan Mim) yang berarti “kedamaian, kesucian dan penyerahan diri atau ketundukan”.
Pengertian secara Terminologi: Islam merupakan agama atau wahyu yang berisi tentang ketauhidan atau keesaan Tuhan (Allah) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya yang terakhir dan diperuntukan bagi seluruh umat manusia yang ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan umat manusia.

KARAKTERISTIK ISLAM
Setiap keyakinan atau agama yang dipegang teguh oleh umat manusia memiliki ciri atau karakteristik yang berbeda. Islam sendiri sebagai agama Allah memiliki karakteristiknya sendiri.
Karakteristik pertama, Islam merupakan agama dengan visi rahmatan lil alamin yakni agama yang diyakini umat manusia sebagai penentu rasa aman, pemecah segala masalah hidup dan mampu menstimulus manusia agar senantiasa taat terhadap segala yang diperintahkan oleh Allah SWT. visi rahmatan lil alamin tidak terbatas hanya pada umat Islam, akan tetapi juga bisa dirasakan oleh seluruh makhlu lainnya atau bersifat universal.
Karakteristik kedua, Islam adalah agama yang mengakui dan menerima adanya  Pluralisme agama atau keanekaragaman dalam beragama. Hanya Islam yang kitab sucinya Al Qur’an  secara tegas mengakui hak agama lain (kecuali paganisme dan syirik) untuk hidup dan menjalankan ajarannya masing-masing dengan penuh kesungguhan.
Karakteristik ketiga, Islam bersifat autentik dan orisinil dimana agama yang lahir atas wahyu Allah yang diturunkan langsung kepada Nabi Muhammad. Orisinilitas atau keaslian dari islam dapat dianalisis melalui proses penerimaan wahyu oleh nabi Muhammad tanpa perantara lain selain malaikat Jibril sehingga keasliannya dapat terjaga dengan baik seperti yang Allah jelaskan pada Q.S Al Hijr: 9, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”.

First